Pasang iklan

Maraknya Pertamini sebagai Penyalur Bahan Bakar Terbentur Soal Izin

Gema.id Jateng, Klaten – Munculnya Pertamini  atau pom mini menjadi salah satu solusi untuk memangkas waktu masyarakat antre di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), selain itu, kini Pertamini juga telah banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan terutama pad penjual eceran sehingga memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahar bakar mereka.

Namun, hadirnya Pertamini terbentur oleh regulasi persoalan izin oleh Pemerintah Kabupaten/Kota Jawa Tengah, dikarenakan belum adanya payung hukum menaungi kehadiran Pertamini.

“Kami membantu untuk memudahkan masyarakat dan meningkatkan perekonomian mereka , tetapi kenapa kami tidak diberikan izin soal ini,” ungkap salah satu Pemilik Pertamini Gilang Fakih Ramadan.

Pihaknya juga mengungkapkan sistem yang mereka jalankan dalam menekuni usaha tersebut, adalah sistem bagi hal hasil, 40 persen untuk pemilik, 40 persen untuk penjaga dan 20 persen untuk pengantar sehingga dirasa membantu ekonomi warga

Selain itu,pengusaha lainnya mengungkapkan jika memang Pertamini dinilai bukan sebagai perpanjangan tangan SPBU dan penyalur BBM dengan legalitas jelas, ada hal yang perlu dipertimbangkan dengan hadirnya Pertamini sebagai langkah modernisasi untuk pemenuhan bahan bakar, dan tidak perlu lagi antre.

Saat ini Pemkot Jateng menghimbau kepada Pemda untuk tidak sementara memberikan izin apapun bentuknya.

“Untuk teman-teman di Pemda jangan pernah memberikan izin apapun apalagi bentuknya Pertamini. Namun terus melakukan pengawasan dan pembinaan,” kata Kepala Bidang Kelistrikan Dinas ESDM Jawa Tengah Iman Nugraha dilansir dari Detik, pada Selasa (5/11/2019).

Berdasarkan Perpres nomor 191 tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian dan harga jual BBM serta Peraturan BPH Migas momor 6 tahun 2015, penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) itu hanya sampai di SPBU. Tidak ada sub SPBU seperti jenis Pertamini.

Meski demikian pihak Pemprov sedang melakukan komunikasi intensif dengan BPH Migas untuk mempertajam dan mempertegas hadirnya Pertamini yang saat ini tidak bisa ditahan lagi memayungi penyaluran BBM.

Tinggalkan komentar

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)