Pasang iklan

Komoditas Perikanan Terus Mengalami Peningkatan, Berkat Sertifikasi Produk

Jateng Gema.id, Semarang – Nilai komoditas perikanan Jawa Tengah (Jateng) terus mengalami peningkatan terbilang sepanjang Januari hingga September 2019 menyentuh nilai Rp 2,1 triliun.

Total 35.478 ton produk perikanan yang telah di ekspor ke berbagai negara. Faktor yang menyebabkan nilai ekspor tinggi tersebut dikarenakan adanya sertifikasi pada produk perikanan yang membuatnya tersebar di 28 negara yang menjadi mitra.

“Selama 2019, kami [Balai KIM Semarang], telah merilias sertifakat kesehatan ikan dan produk perikanan tujuan ekspor sebanyak 4.164 lembar,” ungkap Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan (BKIPM) Semarang, Raden Gatot Perdana pada keterang pers diterima Gema, Kamis (17/10/2019).

Semenjak pengadaan sertifikasi dalam kegiatan usaha perikanan oleh BKIPM mampu meningkatkan daya jual produk sehingga mampu melakukan kegiatan eksportir secara besar-besaran dan bisa diterima di negara tujuan.

Untuk saat ini pihak BKIPM mengungkapkan ada sebanyak 57 komoditi perikanan yang telah diekspor. Dan kesemuanya itu telah memenuhi syarat ekspor dan telah mendapatkan sertifikasi kesehatan ikan.

“Ini menjadi jaminan bahwa ikan layak konsumsi  dan aman,” terang Raden Gatot Perdana.

Selain itu untuk terus menjamin mutu komoditi diterapkan pula sistem Good Manufacture Practies (GMP) di unit pengolahan yang dilakukan secara konsisten.

Tinggalkan komentar

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)