Pasang iklan

Gratiskan SPP, Pemprov Jateng Meminta yang Sudah Bayar Dikembalikan

Gema.id Jateng, Semarang — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2020 menggratiskan biaya pendidikan bagi siswa SMA/SMK/SLB negeri. Total anggaran sebesar Rp860,4 milliar telah disiapkan guna menyukseskan program tersebut.

Surat Edaran No. 420/2020 tertanggal 2 Januari 2020 ini telah diedarkan ke sekolah-sekolah. Dan tengah saat ini bisa dinikmati oleh para siswa-siswi SMA Negeri, SMK, dan SLB.

“SMA, SLB, SMK yang negeri gratis dimulai tahun ini,” kata Gunernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dikutip dari Detik, Jumat (10/1/2020).

Selain itu pihak Pemprov memita kepada sekolah di Jateng untuk mengembalikan pembayaran SPP siswa yang sudah terlanjur dibayar hingga Juni 2020.

“Kalau ada yang sudah terlanjur membayar full, maka harus dikembalikan,” kata Ganjar.

Politis PDIP ini meminta kepada sekolah, dinas dan komite sekolah untuk selalu transparan dan tidak bermain soal anggaran, apalagi melakukan tidak pidana korupsi. Dan meminta pungutan kepada siswa agar juga dikurangi, hal ini mesti disepakati bersama orang tua siswa.

“Yang benar-benar miskin, dilarang dimintai pungutan apapun. Saya minta ini dilaksanakan dengan baik,” tegas Ganjar.

Tak hanya itu, Pemprov setempat juga memberikan subsidi kepada sekolah-sekolah swasta dengan menyalurkan bantuan operasioal sekolah daerah (Bosda) dengan anggaran sebesar Rp 123,85 miliar. Dana untuk Bosda MA negeri dan swasta disiapkan sebesar Rp 26,5 miliar.

Tinggalkan komentar