Pasang iklan

Angkat Tema “Kita Kaya Karya”, Festival BEKRAF 2019 Akan Digelar Di Solo

GEMA.ID – Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) pada 4 sampai 6 oktober mendatang akan menggelar kembali festival tahunannya, kali ini di Benteng Vastenburg, Solo.

Ricky Joseph Pesik, Wakil Kepala BEKRAF mengungkapkan, pemilihan Solo, Jawa Tengah sebagai tuan rumah Festival BEKRAF tahun ketiga ini berangkat dari permintaan langsung pemerintah setempat.

“Pak Walikota Solo sendiri yang mengajukan permohonannya langsung kepada Kepala Bekraf Pak Triawan,”

ungkap Ricky, Rabu (11/9/2019).

Lebih jauh ungkap Ricky, tidak ada syarat khusus melainkan daerah digelarnya Festival BEKRAF haruslah kota yang memenuhi indikasi ekonomi kreatif. Seperti;

  • Bandung dengan SDM unggul kreatifnya,
  • Surabaya dengan visi dan misi serba kreatif dan inovatifnya, serta
  • Solo yang merupakan kawasan tempat lahirnya jaringan kota-kota kreatif nasional.

“Kota Solo pernah jadi ikon lahirnya jaringan kota-kota kreatif nasional, karena itu kita berminat,”

tutur Ricky

Tema dan Konsep BEKFEST 2019

Festival BEKRAF 2019 ini bertema ‘Kita Kaya Karya’, konsep yang diusung adalah Keberagaman & Kreativitas Kebudayaan Indonesia. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kal ini juga akan dikemas secara unik dan dikelola sebaik mungkin, agar bermanfaat untuk perekonomian Indonesia.

“Festival BEKRAF (BEKFEST) 2019 ini akan dikemas informal dan bergaya hipster. Ada 40 program unggulan yang disuguhkan BEKRAF untuk ditampilkan melalui showcase, pasar kreatif, workshop. Semuanya ditujukan untuk para pelaku ekonomi kreatif, dan aktivitas ruang sinema”

Jelas Ricky

Dihadiri 1000 Pelaku Ekonomi Kreatif

Sekitar 1000 pelaku ekonomi kreatif yang selama ini difasilitasi oleh Bekraf akan tampil dengan beragam program di BEKFEST 2019. Melalui BEKFEST 2019 ini, BEKRAF berharap masyarakat umum dapat mengupgrade wawasan serta pengetahuannya, lebih khusus mengenai ekonomi kreatif.

“Rencananya, salah satu pengisi acara yang akan tampil adalah Rich Brian,”

ujar Ricky

Tujuan Pagelaran BEKFEST 2019

Memasuki tahun ketiga pelaksanaannya, BEKFEST digelar dengan tujuan;

  • Public Report program-program BEKRAF,
  • Upaya peningkatan kompetensi pelaku ekonomi kreatif,
  • Wadah show off yang menampilkan kemajuan dan perkembangan industri kreatif nasional,
  • Meningkatkan awareness atas potensi produk kreatif daerah, dan
  • Ajang perluasan networking para pelaku kreatif.

“BEKFEST digelar agar ada penjelasan ke publik bagaimana kinerja pemerintah dalam mendukung penguatan ekosistem ekonomi kreatif dan media. Supaya jalinan terbentuknya ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia dapat terbangung,”

ungkap Ricky

BEKRAF Festival 2019 ini diselenggarakan berdekatan dengan jadwal acara Festival Batik Nasional. Keduanya digelar di Solo, dengan begitu momentum ini dapat menjadi paket wisata budaya yang menarik.

“Dua hari sebelum BEKFEST besok ini, ada Festival Batik, Bapak Presiden Jokowi juga hadir. Nanti Pak Presiden sekaligus akan kami minta langsung juga untuk membuka pagelaran BEKRAF di 4 Oktober sorenya,”

tutup Ricky

Tinggalkan komentar

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)